The Dream Team

Posted: March 20, 2019 in Gender dan Seksualitas

April 2017. Ging setuju untuk menjadi salah satu anggota advisory board sebuah pilot program pengembangan paket materi kampanye pencegahan perkawinan anak di UNICEF.

Tim yang dipimpin oleh Nunkie Handayani ini menggunakan pendekatan human centered design. Empat orang dipilih untuk mereview dan memberikan masukan dari berbagai perspektif. Ging diminta menjadi salah satu anggota tim karena latar belakangnya sebagai jurnalis yang memiliki perspektif inklusi dan sebagai salah satu jurnalis yang kerap bersuara juga untuk isu keadilan gender.

Ia tidak pernah absen dari pertemuan. Bahkan untuk mensiasati ruang pertemuan kantor UNICEF yang tidak bisa digunakan pada akhir pekan, ia pernah menawarkan tempat tinggalnya untuk dijadikan tempat rapat.

Saat materi kampanye mulai diujicobakan di Mamuju, Ging mengingatkan pimpinan projek untuk tidak hanya melibatkan perwakilan daerah sebagai pembuka acara saja melainkan mengajak mereka terlibat dalam prosesnya

“Saran saya, sih, lain kali kalau ada workshop yang melibatkan pemerintah daerah, mereka dilibatkan juga untuk jadi fasilitator atau tim panitia sehingga mereka bisa punya sense of belonging terhadap program atau kegiatan dan mereka di sana bukan untuk semata-mata memberi ‘petuah’ atau ‘pidato’.”

Meski datang dari latar belakang yang berbeda, tidak pernah ada perdebatan tajam di antara anggota tim. Bahkan Ging bisa dengan jeli menangkap gap pesan saat salah satu materi sudah hampir final sehingga tim produksi materi kampanye memiliki waktu untuk mengubahnya.

“tonjolkan lagi cita-cita perempuan. Karena dari kartu (dummy), lebih cenderung keluar cita-cita laki-laki, seolah perempuan tidak punya cita-cita”

Program yang lokasi pilotnya dilakukan di Mamuju Sulawesi Barat ini berakhir di Oktober 2017, namun anggota tim masih sering bertemu, grup WA masih aktif dan persahabatan berlanjut.

Setidaknya dua materi kampanye yang dibuat untuk program pencegahan perkawinan anak bagi anak remaja lewat program ini: kartu permainan dan komik. Handa sebagai pimpinan program ini telah dengan sukses membuat Ging tidak jatuh tertidur karena bosan dalam setiap pertemuan.

“Bagi saya, ini adalah ‘the dream team'” Handa menyebutnya.

Dan Ging Ginanjar, dengan segala kesibukannya, sudah bekerja sebaik-baiknya, secara profesional berkontribusi untuk isu yang sulit dan masih banyak PR-nya ini.

#60days

Hari ini, persis dua bulan kepergiannya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s