Masih Ingat Alan Turing?

Posted: September 16, 2014 in Film Review

“Tidak banyak orang yang mengenal pria bernama Alan Turing. Namun hampir semua mahasiswa elektro atau yang mempelajari ilmu komputer pasti mengenalnya. Ia adalah ilmuwan matematika, seorang jenius asal Inggris yang merupakan peletak dasar ilmu komputasi dan ilmu komputer modern. Turing, dengan keahlian yang dimiliki, membantu pemerintah Inggris memecahkan kode Enigma Nazi pada saat perang dunia kedua.

Pada 1952, ia melaporkan kejadian pencurian yang dilakukan teman kencannya ke kantor polisi. Alih-alih polisi memeriksa kasus pencurian tersebut, Alan Turing justru dikriminalkan oleh kepolisian berdasarkan Criminal Law Amendment Act 1885 Section 11 karena teman kencannya adalah laki-laki. Turing diminta memilih antara dihukum penjara atau hukuman percobaan dengan kewajiban mengikuti terapi berupa penyuntikan hormon estrogen untuk mengurangi libido. Turing memilih ikut terapi.

Pada 7 Juni 1954, Turing ditemukan meninggal dunia di tempat tidurnya. Di samping tempat tidurnya ditemukan sebutir buah apel bekas gigitannya yang mengandung racun sianida. Penyelidik menyimpulkan bahwa Alan Turing meninggal dunia karena bunuh diri. Logo apel tergigit diyakini sebagai penghormatan kepada Turing. Tapi Steve Jobs dan Steve Wozniak menyangkalnya. Namun mereka mengakui Alan Turing berkontribusi besar terhadap kemajuan teknologi komputer dan ponsel pintar. Inggris menghapus hukum yang mengkriminalkan homoseksual pada 1967.”

-Koran Tempo, 24 mei 2012. penulis: saya sendiri, Judul Lengkap artikel: Apresiasi untuk Alan Turing dan Lady Gaga

Dan baru saja membaca kalau Film Biopik Alan Turing mendapat penghargaan people’s choice award di Toronto Film Festival. Saya sendiri sungguh penasaran dengan film-nya. Bukan karena aktor yang suka (untuk perannya sebagai sherlock holmes). Benedict Cumberbatch main di situ, tapi karena saya sungguh penasaran dengan sosok Alan Turing.

Lalu, saat tadi memeriksa salah satu laman situs favorit, saya menemukan ini:

Breaking The Code, sebuah film berdurasi 91 menit mengenai kehidupan Alan Turing yang pernah dibuat pada tahun 1996. Film ini diproduksi oleh BBC Film dan disutradarai oleh Herbert Wise.

Silahkan dicek dan ditonton!… Bagus. Siap-siap tisu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s