Perlawanan Putri dari Birem Bayeun

Posted: September 12, 2012 in Perempuan

Image

Sudah sejak kemarin kudengar berita tentangmu. Tapi tak kunjung jua mendapat berita lengkapnya. Sehingga hari ini sebuah link online memuat cukup lengkap berita tentangmu http://aceh.tribunnews.com/2012/09/11/sebelum-gantung-diri-pe-tulis-surat-untuk-keluarga

Hati ini langsung bergetar membaca kutipan suratmu. Sungguh.

Ingatan saya langsung melayang kepada alm Lilis, seorang ibu buruh restoran di Tangerang, yang juga pernah menjadi korban salah tangkap satpol PP karena disangka PSK. Semenjak kejadian tersebut kehidupan Lilis dan keluarganya berubah. Harga yang ia bayar sangat mahal. Selain ia mengalami keguguran karena depresi (saat ditangkap sedang hamil muda), ia pun harus pindah rumah karena tak kuat dengan gunjingan tetangga.

Dua tahun semenjak kejadian tersebut, ibu Lilis meninggal karena sakit menanggung beban psikologis yang berat.

Kali ini, empat tahun setelah kematian Lilis, Putri, seorang perempuan muda di Birem Bayeun didapati meninggal bunuh diri karena tak kuat menanggung beban penderitaan akibat salah tangkap oleh Wilayatul Hisbah, polisi Syariah di Langsa Aceh.

Putri memilih sendiri jalan untuk keluar dari malu yang ia tanggungkan. Jalan yang bisa jadi dikutuk oleh banyak orang dan dilarang oleh agama.

Tapi Putri sudah memilih, dalam kekalutan, karena ia tahu seperti apa jalan yang akan ia lalui ke depan jika ia memutuskan tetap hidup.

Putri, meski saya menyesalkan dan sangat tidak mendukung apa yang kamu lakukan. Saya hanya bisa menundukkan kepala atas pilihanmu.

Maafkan saya yang tak bisa menjadi teman bicara dan berkeluh kesahmu

Rahmat alam semesta untukmu, Putri.

Turut berduka cita. Indonesia

 

gambar ilustrasi: courtesy mas harwib

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s